Media Use and Everyday Life

Pada awal penelitian tentang khalayak, penelitian difokuskan pada pandangan bahwa audiens adalah sebagai ‘korban’, konsumen, atau sebagai komoditi dari para pengiklan (Webster and Phalen, 1997 dalam McQuail, 2000: 394). Namun belakangan, penelitian tentang audiens dikembangkan dengan meletakkan penggunaan media sebagai bagian yang menyeluruh dari interaksi sosial dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari (Moores, 1993; Silverstone, 1994 dalam McQuail, 2000: 394).

Penggunaan media dibentuk oleh kondisi waktu dan tempat, dan oleh kebiasaan dari suatu budaya dan sosial. Para audiens dalam menggunakan media memiliki berbagai alasan sosial yang bervariasi (misalnya, untuk berbincang-bincang atau untuk melengkapi rutinitas sehari-hari). Ada juga karena alasan untuk suatu maksud tertentu dan yang memiliki nilai (seperti melakukan proses belajar dari berita-berita yang didapatnya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s