Karakteristik Pembaca Usia 9-12 Tahun

Anak-anak usia 9-12 tahun sangat berenergi dan memiliki kesabaran yang besar. Saatnya bagi mereka untuk mulai merasa tumbuh dan mandiri. Mereka mulai memiliki sahabat ataupun teman baik yang dapat melakukan sesuatu bersama-sama, termasuk berbagi dan bertukar buku (Larrick, 1964: 75).

Dunia anak-anak usia 9-12 tahun ini berkembang cepat di luar area rumah dan sekolah. Mereka bereksperimen dengan minat dan hobi barunya. Mereka memiliki minat yang banyak akan suatu hal. Mereka mencari hobi baru, olah raga, dan teman baru. Mereka menyukai perjalanan dan ekspedisi.

Kita dapat mengarahkannya pada kegiatan membaca yang dapat mendukung minat mereka itu. Hal ini dapat membantu para orang tua untuk menghubungkan dan mencarikan materi bacaan. Misalnya saja yang berkaitan dengan hobi, buku-buku yang berhubungan dengan bagaimana mengoleksi kupu-kupu, trik pertunjukan sulap, atau tentang permainan baseball. Berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan, agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan, orang tua dapat menyediakan buku-buku bermuatan informasi yang banyak, misalnya ensiklopedi, kamus, buku teks, dan sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s