Public Relations

Dalam buku Effective Public Relations, Scott M. Cutlip, Aleen H. Center, dan Glen M. Broom (dalam Ardianto, 2009: 3) menuliskan salah satu definisi public relations, yaitu fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur dari individu atau organisasi atas dasar kepentingan publik dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan publik.

Sementara John E. Marston mendefinisikan public relations sebagai kegiatan komunikasi persuasif dan terencana yang didesain untuk mempengaruhi publik yang signifikan (Kriyantono, 2008: 4).

Cutlip & Center (dalam Kriyantono, 2008: 22) menyebut fungsi public relations sebagai berikut:

  1. Menunjang kegiatan manajemen dan mencapai tujuan organisasi.
  2. Menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik kepada perusahaan.
  3. Melayani publik dan memberikan nasihat kepada pimpinan perusahaan untuk kepentingan umum.
  4. Membina hubungan secara harmonis antara perusahaan dan publik, baik internal maupun eksternal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s