Cyber Public Relations

Cyber Public Relations kini sudah semakin dikenal. Bidang PR ini sangat terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi mutakhir (terutama munculnya media online atau internet) (Ardianto, 2009: 150).

Penggunaan Internet oleh para profesional merupakan cikal-bakal dari perkembangan teknologi Internet. Pemakaian Internet sangatlah efektif, terutama pada masa krisis komunikasi, mengidentifikasi masalah, manajemen, dan komunikasi interaktif. Kegunaan lainnya adalah untuk pembuat newsletter (terbitan berkala) elektronik, pengiriman pesan kepada khalayak sasaran, dan aplikasi Internet dan web one to one dalam kegiatan marketing dan komunikasi (Holtz dalam Ardianto, 2009: 150).

Kini, dunia PR memasuki masa keemasan karena teknologi Internet ini telah membawa praktisi mampu mencapai publik sasaran secara langsung tanpa intervensi dari pihak-pihak lain, seperti redaksi atau wartawan di media massa, yang biasanya bertindak sebagai penjaga gawang pesan komunikasi, dan melakukan penyensoran terhadap pesan informasi PR bagi khalayak (publik) (Ardianto, 2009: 151).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s